Antara kami dan burni telong

27 Januari 2017 adalah hari yang bersejarah bagi aku dan mereka..terinspirasi dari kisah dari sebuah film layar lebar membuat kami ingin untuk mencoba setidaknya sedikit dari pesan yang disampaikan oleh pengarang dalam kisah itu.sebut saja 5 CM sebagai judul film itu...film yang menceritakan petualangan dan persahabatan itu sangat menyentuh hati dan kami merasa ingin membuktikan pesan itu..tepat pada pukul 5 sore film itu di putarkan oleh salah seorang dari mereka di salah satu ruangan kos kosan..termasuk aku diantaranya.film yang berdurasi lebih dari 1 jam itu sangat menghipnotis kami waktu itu.sehingga kami dalam waktu yang sama memiliki tekad untuk setidaknya mencoba..Dengan niat yang sama kami mulai mencari beberapa gunung yang cocok bagi pendaki di sekitar tempat kami berdomisili.setelah mencari cukup lama di internet ,akhirnya kami menemukan salah satu gunung di kawasan bener meriah...tanpa waktu yang lama kami telah merencanakan pendakian itu pada esok hari...kami berencana melakukan pendakian dan berangkat pada jam 8 pagi.kami pun mulai mempersiapkan perlengkapan dan bekal yang akan di bawa ke sana.tepat pada jam 8 pagi kami pun mulai berangkat menuju lokasi gunung burni telong.kira kira 2 jam perjalanan dari kota Lhokseumawe. Di perjalanan kami menemukan suasana yang berbeda dan meninggalkan hiruk pikuk nya kehidupan kota waktu itu.suasana tenang dan sejuk serta alam yang sangat bersahabat ikut mewakili perasaan kami.ya,itulah dia burni telong,sebuah gunung yang berketinggian 2670 mdpl itu kelihatan menarik untuk di coba..setelah sampai di pos pendakian kami melakukan pendaftaran ke petugas penjagaan disana.kami mendapatkan pemanduan dari petugas disana dan dengan rasa penasaran kami menggali informasi tentang sejarah gunung yang meletus pada 83 tahun yang silam ini...7 Desember 1924 gunung ini membakar seluruh perkampungan disekitarnya,gunung yang terletak di Rembele bener meriah ini kami jadikan sebagai sebagai pendakian pertama kami.gunung burni telinga merupakan gunung tertinggi ke -10 di provinsi Aceh.gunung ini terkenal dengan keindahan pada edelwies,yang pada ketinggian 2.100 mdpl dapat di temui tunas tunas tumbuhan ini,beruntung saat kami mendaki gunung ini bunga ini dalam keadaan berbunga.jalur pendakian yang kami tempuh melalu rute pendakian bandar lampah di desa rembule.selain rute ini sebenarnya juga bisa melalui rute Pante rayanamun sangat memakan waktu.pendakian perdana kami di tanah Gayo ini kami lakukan ber tujuh yang terdiri atas ( septian,jul,ihnas,achir,ikram,azhar dan salah satu teman dari achir)....kami melakukan pendakian pada jam 4 sore dan sampai pada pos pertama pada jam 5 sore dan pos ke 2 jam 6 sore,,,karena hari sudah mulai gelap kami memutuskan untuk menginap di pos ke dua.udara masih terasa begitu dingin bagi kami,orang orang yang biasa dengan cuaca pesisir dengan semangat kami menghidupkan api dan memasak air untuk membuat kopi.jam 10 malam adalah jam dimana kami mulai untuk istirahat' karena kami merencanakan melakukan pendakian lanjutan pada jam 4 paginya.jam 3 pagi kami mulai bangun dan mempersiapkan segala sesuatu untuk melakukan pendakian.pendakian pun mulai kami lakukan,trek setapak selama 2 jam masih jelas untuk di ikuti..empat jam sudah kami menyisir hutan burni telong,memanjat,menyerubuk,melompat dan bergelantungan pun telah kami lakukan sebagai cara untuk melewati Medan gunung burni telong ini.di jalur terakhir pendakian ini kita akan menjumpai sebuah gua batu,di gua ini terkadang banyak menyediakan logistik seperti beras,garam,gula,kopi,kentang,dll.lebih kurang 20 menit dari gua tersebut kita akan menggapai apa yang kita tuju..yaitu puncak gunung burni telong yang sangat berkesima..semua usaha,lelah,capek,dan sulit nya melakukan pendakian akan terbayarkan oleh pemandangan yang sangat indah...!!! Luar biasa!!!!  Gunung hijau yang penuh dengan taman adelweis ini memang betul tidak membuat kami kecewa..bahkan kami pun terdiam dan tidak bisa mengatakan apapun lagi..selain dari menakjubkan.!!!  Bersyukur akan ciptaan nya..serta ingin untuk merawatnya ..untuk anak cucu tercinta di akhir kelak...I LOVE BURNI TELONG ,I LOVE INDONESIA......tunggu cerita selanjutnya ....thanks...

Popular posts from this blog

TIPS DAN TRIK LOMBA PIDATO || KAJIAN KONSEPTUAL DAN TEORITIS

Objek wisata aur serumpun...