4 TIPS AWAL MENULIS OPINI ALA SEPTIAN FUJI SYUKRI

4 TIPS AWAL MENULIS OPINI ALA SEPTIAN FUJI SYUKRI 

Halo sahabat Septian jurnal , kali ini ketemu lagi bersama kita dalam pembahasan bagaimana sih tips dan trik dalam menulis sebuah opini. Seiring perkembangan dunia kepenulisan, banyak sekali hal hak yang harus kita ketahui agar sebuah tulisan yang kita buat mempunyai daya tarik dan daya guna, tentu nya bukan hanya sebuah tulisan saja, tetapi juga makna yang tersirat didalam nya . Apalagi kita sebagai generasi muda tentu kali ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk belajar menulis dan mengetahui seluk beluk tentang kepenulisan . 
OPINI merupakan sebuah ide atau gagasan yang berupa pendapat yang di sampaikan baik itu secara lisan maupun tulisan terhadap sesuatu hal atau kejadian , jika disampaikan dalam bentuk lisan biasanya ada di panggung panggung diskusi, dan jika di sampaikan secara tulisan biasanya ada di media massa atau kolom kolom opini jurnal . Berikut adalah hal hal yang Septian journal sampaikan terkait penulisan opini / gagasan pendapat :

1.  IDE GAGASAN
 Sebuah opini tidak terlepas dari yang nama nya ide/ gagasan , karena ide adalah kunci utama dari bagus atau tidak nya sebuah opini yang kita buat. Biasanya ide tersebut akan muncul sendiri nya jika kita melihat sebuah fenomena / kejadian di sekitar kita. Bagi sahabat muda , dari pada di buat status di media sosial tentu sangat baik ide atau gagasannya di buat menjadi sebuah opini dan disampaikan secara baik di media sosial. Oleh karena itu jika ingn membuat sebuah opini maka tentu kita harus mempunyai ide tentang topik opini yang akan kita buat.

2.  MENGETAHUI OBJEK PERMASALAHAN
Sangat lucu rasanya jika seorang penulis kurang memahami tentang objek dari masalah yang akan di angkat menjadi sebuah opini. Sebelum sahabat muda memberikan pendapat/ opini tentu sahabat muda harus memahami terlebih dahulu tentang permasalahan yang terjadi , agar opini sahabat tetap terarah dan tidak mengambang.

3. TEKNIK PENULISAN OPINI 
Sebuah opini harus mempunyai teknik tersendiri dalam penulisannya karena opini lebih di dominasi oleh pendapat atau ide yang di dukung oleh data data yang tepat dan akurat, dan juga pembaca opini yang ada di media sosial berbeda dengan pembaca yang ada di media ilmiah. Oleh karena itu penulisan opini harus memakai bahasa yang ilmiah , komunikatif , tidak bertele-tele, logis , dan relevan dengan kejadian.
Jika sahabat Septian journal menulis di media massa maka carilah topik opini yang sedang hangat di bicarakan , dan mampu untuk menarik siapa saja membacanya. 

4. SOLUSI MASALAH 
Dalam menulis opini berarti kita menggambarkan sebuah masalah dan memberikan pendapat terhadap masalah tersebut. Dan sering sekali para penulis opini lupa dalam memberikan sebuah solusi dari Masalah yang di angkat dalam opini nya , sehingga opini nya hanya monoton di pembahasan masalah. Untuk itu perlu membatasi objek Masalah yang akan di komentari agar di akhir opini sahabat bisa untuk memberikan solusi dari masalah yang sahabat angkat menjadi sebuah opini. Jika sahabat memberi opini dengan tema "POLITIK " maka sahabat juga harus mampu memberikan solusi dari masalah politik yang ada .

Gimana sahabat Septian journal ? Tertarik bukan dalam menulis opini ? Mari kita sama sama belajar menjadi seorang penulis agar ide dan gagasan kita bisa di sampaikan secara baik dan benar ya sahabat ...
Sekian dulu pembahasan untuk sesi kali ini jangan lupa di tunggu post selanjutnya dengan berbagai macam tips dan trik penulisan karya tulis ilmiah dan non ilmiah 

Bagi sahabat yang mau bergabung menjadi seorang penulis mudah profesional  sahabat bisa join melalui link di bawah ini ya ! 
Sertakan nama dan alamat sahabat dan perkenalan dengan baik dan benar .

https://chat.whatsapp.com/KpbJfKVbLY50fOxVKtHA8f

Sampai jumpa di journal berikut nya .....


Septian.syukri

Comments

  1. Sangat inspiratif, teringat pas semester dua dulu saat ada tugas membuat opini saudara muda Septian membantu saya dalam membuatnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TIPS DAN TRIK LOMBA PIDATO || KAJIAN KONSEPTUAL DAN TEORITIS

Objek wisata aur serumpun...

Pasca-KKN : ANTARA KERINDUAN DAN KESEDIHAN YANG TERDALAM