Tamatan jurusan ilmu politik, mau kemana ya??

nilah beberapa prospek kerja lulusan Ilmu Politik :
1. Anggota Badan Legislatif
Badan legislatif di Indonesia ini sangat banyak dimulai dari DPD, DPRD sampai DPR atau bahkan di MPR, namun tentunya dibutuhkan proses yang cukup panjang dan perjuangan yang lam biasanya bagi yang ingin menjadi anggota legislatif pemerintahan. Bagi kamu yang menjadi politikus partai ataupun mendaftar secara independen bisa mengikuti pencalonan pemilu 5 tahun sekali.
Kamu bisa menyuarakan gagasan dan aspirasi kamu untuk selanjutnya menjadi bagian penting di badan legislasi yang memperjuangkan kepentingan bersama, kepentingan masyarakat.
2. Anggota Partai Politik
Sebagai seorang lulusan Ilmu Politik, kamu pasti mempunyai gagasan dan ide-ide tersendiri, dan partai politik adalah salah satu wadah yang tepat untuk menyampaikan asrpirasi dan bergabung dengan partai politik yang mempunyai kesamaan pandangan dengan kamu.
3. Birokrat Pemerintahan
Selain menjadi anggota legislatif, kamu juga bisa menjadi eksekutif pemerintah dengan mencalonkan diri sebagai pegawai negeri sipil di salah satu instansi pemerintahan vatau bahkan mengikuti pilkada kepala daerah.
4. Peneliti/Pengamat Politik
Saat ini peneliti di bidang politik sendirti masih belum begitu terekspos, namun peranan dari para peneliti dan pengamat dunia politik ini sangat di perlukan oleh beberapa pemangku kepentingan, seperti partai politik, para calon pemimpin daerah, calon anggota legislatif, bahakn oleh media massa.
5. Jurnalis Politik
Banyak media yang selalu menempatkan bidang politik sebagai salah satu bahasan utama, apalagi kisruh dunia perpolitikan selalu menyajikan berita yang begitu menarik untuk dibahas, oleh karena itu di butuhkan jurnalis yang mengerti tentang dunia perpolitikan.
6. Tenaga Pengajar / Dosen
Tidak harus menjadi seorang politikus, tapi kamu bisa menjadi seorang guru bagi para politikus dengan menjadi seorang dosen Ilmu Politik, namun tentu saja setelah lulus kamu harus minimal kuliah dulu S2.
Itulah beberapa prospek kerja bagi lulusan Ilmu Politik sesuai dengan apa yang di pelajari semasa perkuliahannya, tentu saja ketika lulus kamu bebas memilih apa yang kamu inginkan dan tidak terbatas apapun asalkan sesuai dengan passion dan skill yang kamu miliki.
Semoga bisa bermanfaat ...!!!

Comments

Popular posts from this blog

TIPS DAN TRIK LOMBA PIDATO || KAJIAN KONSEPTUAL DAN TEORITIS

Objek wisata aur serumpun...

Pasca-KKN : ANTARA KERINDUAN DAN KESEDIHAN YANG TERDALAM