komunitas IGM ( Indonesia gemar membaca) menumbuhkan semangat baca generasi muda Indonesia.




Membaca adalah salah satu rutinitas yang sangat populer di kalangan akademisi,dengan membaca akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang segala sesuatu.dengan mengetahui banyaknya manfaat membaca maka sudah seharusnya aktivitas membaca perlu ditingkatkan apalagi dia kalangan kaula muda Indonesia,,kurang nya minat baca Indonesia akhir-akhir ini di pengaruhi oleh berbagai macam faktor salah satu nya adalah lebih sibuk menggunakan teknologi untuk kegiatan non produktif dll..gerakan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan muda perlu di giatkan,salah satu nya yang di lakukan oleh sekelompok mahasiswa asal tebing tinggi Sumatera Utara ini,komunitas media sosial dengan nama IGM ( Indonesia gemar membaca ) menjadi salah satu komunitas yang bergerak dalam menumbuhkan semangat baca dengan memanfaatkan media sosial sebagai basis pergerakan,komunitas media sosial dengan anggota lebih dari 150 orang ini sangat pesat perkembangannya padahal baru beberapa hari yang lalu di giatkan,,,semangat baca dan komunikasi pun semakin bertambah dan tentunya sangat bermanfaat bagi sesama.komunitas IGM dengan anggota pelajar dan mahasiswa ini sangat unik dalam merangkul para anggota nya ,memadukan ide ide kreatif dan inovatif serta memiliki sikap ramah antar sesama anggota membuat siapa saja akan betah berlama lama berkomunikasi dengan komunitas IGM ini dimana kita hanya perlu menyelesaikan bacaan 10 halaman dalam satu hari saja,dan mengirimkan list laporan kepada admin komunitas.

IGM merupakan sebuah gerakan yang didirikan untuk meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat Indonesia dimulai dari pelajar, mahasiswa, dan alumni dengan sebuah pola yang sangat sederhana, yakni membaca sepuluh halaman buku (minimal) dalam sehari.

Grup IGM terdiri dari 30 orang Reader IGM dan di koordinir oleh 3 orang admin yang bertanggung jawab atas kelangsungan Grup IGM.
Mekanisme dan prosedur IGM*
 Menentukan satu buku yang akan dibaca, bisa Novel, Fiksi, Modul Pelajaran, Koran, Sejarah, *kecuali* komik.selanjutnya, Membaca 10 halaman perhari(minimal) dan  WAJIB melapor pada hari tersebut.
selanjutnya,Format laporan baca seperti dibawah
Nama_Judul Buku_Penulis_sampai halaman berapa_total halaman buku_selesai/tamat ✅

*Contoh:* Budi_7 Keajaiban Rezeki_Ippho Santosa_1-12_189_selesai ✅

_Jika 1 buku sudah habis dibaca, maka dibelakang kalimat laporan ditulis (ketik) tamat._

*Contoh:* Budi_7 Keajaiban Rezeki_Ippho Santosa_170-189-_189_tamat ✅
Dan esok sudah berganti judul buku.
dan untuk kelangsungan maka tentunya di harapkan*Berkomitmen* menyelesaikan bacaan minimal 10 halaman_ dalam 1 hari (24 jam).
Reader IGM yang belum bisa menyelesaikan bacaanya pada hari tersebut dikarenakan sebab tertentu, dapat melapor izin kepada admin dengan menyertakan alasannya. Terlebih hal ini akan melihat ke-aktifan Reader IGM.
Jika Reader IGM terdapat kendala pada aplikasi WA-nya,maka bisa di lakukan sms salah satu admin diantara 3 admin dalam grup.
 mekanisme yang lain dari grup baca yang satu ini adalah
Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak diperkenankan memakai bahasa yang sulit dimengerti.Seluruh masyarakat/member grup IGM akan disebut dengan Reader IGM. Dengan perempuan sebagai Reader Cewe, dan laki-laki sebagai Reader cowok.  Terdapat rambu-rambu yang harus dimengerti,

🔑 : Head min (Ketua Admin)🗝 : PJ Harian 1 dan 2👚 : Reader Cewe👕 : Reader Cowo✋🏻 : IZIN✅ : SELESAI❤ : 03.00 - 10.00 = Sangat Baik💛 : 10.00 - 18.00 = Baik💚 : 18.00 - 22.00 = Cukup Baik💔 : 22.00 - 03.00 = Lapor Telat❌ : Belum Lapor❗ : Tidak Lapor 1x‼ : Tidak Lapor 2x
⁉ : Tidak Lapor 3x
⚠⁉ : Tidak Lapor 4x
Yang mendapatkan tanda peringatan (⚠⁉) menandakan sudah Tidak Lapor 4x dan bersiap untuk masuk ke dalam Grup Karantina IGM.
Grup IGM dibagi menjadi 2 grup, yakni:
.IGM Laporan_
Grup IGM Laporan berfungsi/berperan dalam setiap laporan Reader IGM, terlebih agar laporan baca Reader IGM terlihat lebih jelas yg terdiri dari 30 orang.
 IGM Obrolan
Grup IGM Obrolan berfungsi/berperan dalam setiap percakapan Reader IGM. Dan dalam hal ini grup IGM Obrolan digabung se-Indonesia, namun ketika sudah over member (sebanyak 256) akan dibuat grup IGM Obrolan selanjutnya utk menaunginya.
Kenapa grupnya ada 2 buah? Ya, hal ini dimaksudkan (dibuat) untuk menghindari banyaknya obrolan (percakapan), agar PJ Harian lebih mudah untuk mendata dalam list laporan bacanya dalam grup IGM Laporan.Satu grup IGM terdiri dari 3 admin, diantaranya
a. Head min (Ketua Admin)
b. PJ Harian 1 dan PJ Harian 2.
Mengirimkan Quote tentang 'Membaca' dari buku yang dibaca setiap selesai dibaca ke dalam grup IGM Obrolan. Insyaa Allah quote-nya akan di publish semaksimal mungkin via medsos.
Dengan ada nya ide kreatif dengan pola yang sangat sederhana ini diharapakan minat baca bagi generasi Indonesia setiap saat bisa bertambah dan mempunyai manfaat bagi sesama..diharapkan komunitas ini bisa semakin berkembang dan mempunyai pengaruh positif bagi kaum muda yang pada akhir-akhir ini justru malas dalam melakukan aktivitas membaca.



Comments

Popular posts from this blog

TIPS DAN TRIK LOMBA PIDATO || KAJIAN KONSEPTUAL DAN TEORITIS

Objek wisata aur serumpun...

Pasca-KKN : ANTARA KERINDUAN DAN KESEDIHAN YANG TERDALAM